Cara Membentuk Kemampuan Optimal dalam Baris Drumband

Drumband merupakan kelompok pemain musik. Alat musik yang dipakai dalam drumband bisa meliputi alat musik melodis maupun ritmis. Jika kedua jenis musik tersebut dipadukan akan menghasilkan penampilan drumband yang meriah dan menarik untuk di tonton. Ciri khas permainan drumband ini adalah pemainnya memainkan alat musik sambil baris – berbaris.  Maka dari itu, pemain drumband harus berlatih berbaris dengan kompak dan tertib. Hal ini menjadi aspek penting yang sangat diperhatikan karena sangat mempengaruhi penampilan drumband. Oleh karena itu latihan yang intensif merupakan hal yang perlu dilakukan demi mengoptimalkan kemampuan baris – berbaris. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

jual alat musik drumband

  1. Latihan Kaki dan Tangan

Ketika pemain latihan kaki, latihan utama yang perlu diperhatikan adalah melemaskan otot kaki dan persendian kaki atas maupun bawah. Tujuannya adalah agar kaki tidak kaku dan tidak terlalu lentur saat baris berbaris. Latihan ini bisa dilakukan dengan naik turun tangga, senam kaki, melopat – lompat kecil, atau lari – lari kecil. Dalam berbaris, selain mengandalkan kekuatan kaki juga latihan ketahanan tangan dan bahu, bagian tubuh ini harus terbiasa memegang alat musik dalam waktu lama.

 

  1. Latihan Punggung dan Perut

Dalam kelompok drumband juga ada latihan perut dan punggung. Hal ini bertujuan melatihan ketahanan ketahanan tubuh pemain ketika berbaris. Latihan kekuatan punggung dan perut juga akan membuat pemain bertahan membawa alat musik  sambil berdiri. Latihan ini bisa dikhususkan untuk pemain big drum namun juga bisa pemain drum lainnya karena mereka tentu akan menahan beban alat berat sambil berdiri dan berjalan jauh.

jual alat musik marchingband

Dengan berlatih baris – berbaris secara sungguh – sungguh akan membuat kelompok drumband menjadi kompak,dan teratur. Kemantapan dalam melangkah, saat pindah posisi, maupun berjalan adalah hal sepele yang sangat diperhatikan dalam permainan drumband. Pemain juga harus mampu berbaris dengan tepat, karena hal utamanya bukan hanya berbaris tetapi juga mahir memainkan alat musik.

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.