Instrumen Mellophone dalam Pertunjukan Marchingband

Merupakan salah satu alat yang biasanya ada pada pertunjukan marchingband. Dalam bahasa Indonesia dikena dengan melofon. Alat music ini termasuk dalam keluarga alat music tiup yang terbuat dari logam. Seperti halnya French Horn yang biasa digunakan dalam pertunjukan music klasik melofon mempunyai katup pengatur nada, namun alat music ini dimainkan dengan tangan kanan berbeda halnya saat memainkan French horn yang menggunakan tangan kiri. Instrument melofon dimainkan sebagaimana memainkan terompet.

Pada umumnya menggunakan kunci F seperti halnya French Horn, meski instrument music lainnya menggunakan kunci B♭. Alasan melofon diikutsertakan dalam pertunjukan marchingband adalah karena alat music ini telah didesain khusus memiliki corong yang menghadap ke depan, sehingga suara yang dihasilkan sesuai dengan arah pemainnya. Hal ini sangatlah penting dikarenakan sesuai dengan pertunjukan marchingband yang memiliki ciri suara mengarah pada pendengar atau penonton yang umumnya menonton dari satu sisi dalam pertunjukan marchingband.

Sampai saat ini terdapat kerancuan dalam hal penamaan alat music ini, banyak kalangan menamakan mellophone namun penamaan yang lebih tepatnya adalah mellophonium. Karena Melofon merupakan instrument music yang memiliki pipa- pipa melingkar membentuk lingkaran dengan corong menghadap kebawah dengan katup-katup pengatur yang dimainkan dengan tangan kanan, dan kunci E♭. Kerancuan ini timbul seiring dengan munculnya marching french horn, yang memang menggunakan mouthpiece french horn dan kunci B♭ tetapi terlihat sepintas sama seperti halnya mellophonium.

Jenis mellophone yang paling banyak digunakan bernada dasar F, tetapi ada juga ditemukan instrumen bernada dasar G. umumnya sebuah instrumen mellophone memiliki kemampuan untuk dimainkan dengan nada dasar G ataupun F dengan mengganti panjang pipa udara yang tersedia sebagai bagian dalam kelengkapan instrumen tersebut.

Pada umumnya pemain mellophonium dalam marchingband berada pada barisan music tiup berada di barisan paling depan. Pengelompokan jenis music biasanya digunakan dalam marchingband karena akan memudahkan dalam memandu dan suara nada yang ditimbulkan bisa serempak dan padu, mengingat suara yang ditimbulkan tidak begitu keras.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.